Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Tentang Kelebihan dan Kekuranganmu Saat Interview Kerja

Morning Sedulur,

Memasuki bulan Maret, semoga kalian semua sehat dan bahagia ya, aamiin. Untuk  kalian para pencari kerja, terus semangat berjuang ya!

Para pelamar kerja pastilah akan melalui apa yang disebut tahap interview atau wawancara kerja. Berbagai pertanyaan tentunya akan ditanyakan oleh HRD atau rekruiter untuk menggali potensi dari kandidat pelamar. Dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan, pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri saat interview cukup membuat orang grogi.


Bagi sebagian orang, seringkali kebingungan ketika HRD menanyakan kelebihan dan kekurangan diri saat interview. Pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban dengan jujur, tetapi harus tetap berhati-hati agar tetap terlihat baik di mata HRD. Maka dari itu, kamu harus memiliki beberapa tips jitu untuk menjawab pertanyaan itu.

Rahasia menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview.

Beberapa tips ini dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri saat interview. Gunakan tips ini agar interview kamu berjalan dengan lancar.

1. Jawab Dengan Jujur

Pastikan jawaban yang diberikan adalah jawaban yang jujur. Hindari berbohong ketika menjawab pertanyaan ini demi menjaga citra diri atau merasa malu ketika menceritakan kekurangan. Hindari juga untuk melebih-lebihkan kelebihan kamu agar HRD terkagum-kagum dengan kamu. Kuncinya adalah kejujuran.

Baca Juga: Tips English Interview

Hal itu bertujuan agar HRD atau rekruiter tahu mengenai potensi apa yang ada dalam diri kamu dan juga kekurangan-kekurangan apa yang dapat ditoleransi dan dapat diperbaiki demi menunjang pekerjaan kamu nantinya.

2. Menjaga Sikap Ketika Menjawab Pertanyaan

Poin ini menjadi penting karena kerap kali para kandidat bersikap terlalu bangga atas kelebihan yang dimiliki sehingga terlihat arogan di mata para rekruiter.

Selain itu, adakalanya para kandidat merasa rendah diri dengan kelemahannya dan terlalu terlihat jelas oleh orang lain. Kedua sikap ini harus dihindari ketika menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan saat interview.

Ketika memaparkan kelebihan kamu, jawablah sewajarnya. Ungkapkan kelebihan yang sekiranya dapat memberikan dampak positif bagi pekerjaan yang dilamar. Hindari kelebihan yang tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan yang sedang dilamar.

Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Begitu pula ketika menyebutkan kekurangan yang dimiliki, ungkapkan dengan percaya diri dan tunjukkan bahwa ada kesadaran diri bahwa kamu memang memiliki kelemahan ini dan berusaha memperbaikinya sehingga para rekruiter dapat menyimpulkan bahwa kamu orang yang mampu introspeksi dengan baik.

3. Sertakan Solusi Saat Menyebutkan Kelemahan Yang Dimiliki

Ketika kamu sedang menyebutkan kekurangan yang kamu miliki, kamu dapat memberikan suatu solusi yang sekiranya dapat menjadi usaha preventif dari kekurangan yang dimiliki. Misalkan kamu adalah orang yang pelupa, kamu bisa menyebutkan bahwa dengan membuat daftar to do list dan memasukkan sejumlah kegiatan yang kamu kerjakan di kalender daring dapat mencegah kamu melupakan tugas dan pekerjaanmu.

4. Hindari Menyalahkan Orang Lain

Ketika menyebutkan kekurangan yang dimiliki, beberapa orang terkadang menyalahkan orang lain atas kekurangan yang dimiliki. Sebaiknya hindari sikap ini ketika sedang interview kerja karena hal itu bisa membuat rerkuiter menganggapmu kamu sebagai orang yang tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Sebagai contoh, kamu orang yang suka marah dikarenakan orang-orang dalam tim kamu tidak bisa diatur

Sebaiknya kamu memberitahukan kelemahan kamu dibarengi dengan solusi dari kelemahan kamu. Hal itu dapat memberikan kesan yang lebih baik daripada mengungkapkan kekurangan kamu atas kesalahan orang lain.

5. Buatlah Daftar Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Hal ini menjadi penting saat akan melakukan wawancara kerja. Kamu dapat menjabarkan semua kelebihan dan kekurangan serta solusi yang dibutuhkan. Karena jawaban dari pertanyaan kelebihan dan kekurangan itu bukanlah jawaban yang dapat dilontarkan secara spontan. Butuh waktu untuk mengerti dan mengenali potensi dan kelemahan dari diri sendiri. Sedangkan pada saat wawancara, kamu dituntut untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat.

Jika kamu tidak menyiapkan daftar kelebihan dan kekurangan diri, maka jawaban yang diberikan akan terkesan asal-asalan dan membuat rekruiter ragu dalam meloloskan kamu pada posisi yang kamu lamar. Persiapkan dengan baik agar kamu bisa lancar menjelaskan poin-poin kelebihan dan kekurangan saat interview.

Baca Juga: Competency Based Interview

5 Tips tersebut dapat kamu gunakan dalam interview kerja. Jika kamu masih kebingungan, di bawah ada beberapa contoh yang bisa kamu gunakan ketika menjawab kelebihan dan kekurangan interview.

Contoh Menjawab Pertanyaan Kelebihan Diri Saat Interview Kerja:

Berikut ini adalah jawaban yang digunakan pada saat interview pekerjaan.

Memiliki Percaya Diri Yang Tinggi

Salah satu kelebihan yang dapat menjadi jawaban saat interview kerja adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Pada saat mengungkapkan hal ini, kamu bisa memberikan gestur tubuh yang baik dan juga menyebarkan energi positif agar rekruiter yakin dengan jawaban yang kamu berikan.

Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Namun, tidak dibenarkan pada saat memaparkan jawab ini kamu melebih-lebihkan sehingga terkesan arogan meskipun kepercayaan kamu sangat tinggi. Lebih baik lagi jika kamu dapat memberikan contoh berupa penerapan dalam kehidupan sehari hari atau pada saat pengambilan keputusan.

 Memiliki Komitmen Yang Tinggi Pada Pekerjaan

Kelebihan yang dapat diutarakan pada saat wawancara kerja adalah komitmen yang tinggi pada pekerjaan yang diberikan. Namun ketika memberikan jawaban ini harus diperhatikan untuk tidak melebih-lebihkan kemampuan yang dimiliki.

Banyak perusahaan menyukai seseorang yang berdedikasi dan komitmen tinggi dalam pekerjaan, tapi jawaban yang diungkapkan tidak boleh terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dimaksudkan agar tidak menjadi bumerang bagi kamu ketika kamu diterima pada posisi yang kamu lamar.

Kamu juga dapat memberikan contoh seperti dapat bekerja secara fokus dan mengerahkan segala kemampuan kamu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Dapat Berkomunikasi Dengan Baik

Kelebihan lain yang dapat menjadi poin plus bagi kamu di mata rekruiter adalah memiliki komunikasi yang baik. Hal ini karena dalam bekerja, seseorang harus mampu berkomunikasi dengan seluruh rekan kerjanya sehingga aspek ini menjadi penting dan dipertimbangkan oleh rekruiter.

Kemampuan komunikasi yang baik tidak selalu berguna dalam bekerja saja, tetapi kemampuan ini juga diasah ketika kamu bersosialisasi dengan orang orang yang ada di lingkungan tempat tinggal kamu. Ketika menyampaikan hal ini, kamu bisa menunjukan kemampuan ini seperti berbicara yang jelas dan tegas, tidak bertele tele dalam menyampaikan jawaban dan juga menggunakan Bahasa yang mudah dimengerti ketika interview.

Contoh cara menjawab kekurangan diri saat interview kerja.

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan kekurangan diri pada saat interview yang dapat digunakan.

Pengalaman Yang Dimiliki Masih Kurang

Kekurangan yang mungkin ada pada kamu adalah pengalaman kerja yang kurang, terlebih bagi kamu yang Fresh Graduate. Karena biasanya para fresh graduated belum memiliki pengalaman yang banyak atas dunia kerja

Walaupun begitu kamu tidak perlu berkecil hati, kamu bisa meningkatkan pengalaman kamu dengan pengalaman magang atau mengikuti kegiatan volunteer.

Baca Juga: 3 Hobi Menghasilkan Uang


Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

 Tingkat Kesabaran Yang Rendah

Menjadi orang yang tidak sabaran memang membuat pekerjaan sedikit terhambat dan merupakan kebiasaan yang kurang baik. Hal tersebut juga dapat menimbulkan potensi kesalahan dalam bekerja atau masalah lainnya. Namun kamu bisa menceritakan bagaimana kamu menangani hal tersebut seperti memeriksa kembali pekerjaan kamu dan melakukan pekerjaan kamu sesuai SOP yang berlaku sehingga meminimalisir kesalahan.

Orang Yang Mudah Lupa

Lupa adalah sesuatu yang wajar dialami manusia. Tetapi jika lupa adalah sesuatu yang menjadi kebiasaan kamu bisa menceritakan hal itu sebagai kekurangan.

Jangan lupa berikan juga solusi atas permasalahan tersebut seperti membuat catatan to do list, menempatkan catatan catatan penting di buku saku atau mencatat aktivitas kamu pada kalender online di ponsel kamu agar kamu tidak terlewat rapat atau aktivitas lain yang penting.

Demikianlah tips cara menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview kerja. Pelajari dengan seksama, berikan jawaban yang terbaik versi diri kamu dan nantikan kabar gembira dari perusahaan yang kamu idamkan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber Foto: Pixabay.com


 





Posting Komentar

7 Komentar

  1. Mantap banget tipsnya kak, memang perlu memposisikan diri seimbang ya, nggak terlalu tinggi atau terlalu rendah

    BalasHapus
  2. Lengkap banget nih tipsnya, Mbak Dedew. Percaya diri penting tapi jangan kebablasan sehingga jadi terlihat arogan. Jujur pun penting tetapi jangan juga sampai terlihat rendah diri atau minderan ya.

    BalasHapus
  3. Pertanyaan yang sering membuat kita jadi ragu untuk menjawab dan jadi poin plus kalau jawabannya pas. Kudu tenang dan runut sih ngejawabnya, jangan bohong juga karena pertanyaan ini jdi salah satu pertanyaan wajib HRD

    BalasHapus
  4. Wah klo jawab kekurangan mudah lupa apa gak bahaya tuh hehe.. Makasih tipsnya ya, klo sy banyakan jaim sih klo di-interview 🤭

    BalasHapus
  5. aku dulu sewaktu interview malah jawab apa adanya ... jujur kalo nyari.kerja buat nambah uang karna kebutuhan bukan karna cari pengalaman ... hahahah

    BalasHapus
  6. Dulu pas awal-awal nyari kerja tuh bingung kalau ditanya kelebihan dan kekurangan. Sempat ngasih penjelasan tentang kelemahan tapi kurang solusi. Endingnya enggak dihubungi lagi.

    BalasHapus
  7. Penting banget untuk pandai memilih kalimat yang baik dan jujur saat wawancara kerja. Karena sejatinya pihak HRD ini sebenernya tau ya.. mana yang bener (serius) atau yang gak jujur.
    Sukses wawancara berarti one step closer to be a worker.

    BalasHapus